Apa asuransi kesehatan swasta terbaik di Indonesia?

Semua agen asuransi pasti mengaku kalo produknya yang terbaik, terhebat, superman, dan lain sebagainya. Kalau saya hanya mau menceritakan apa itu Maestro Optima Care[1] .

Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan yang standalone. Itu berarti asuransi ini murni kesehatan tanpa unit link. Jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang unit link, saya percaya produk ini lebih tangguh.

Karena MOC bersifat asuransi kesehatan tradisional, maka jangan kaget bila preminya meningkat di masa mendatang seiring bertambahnya usia. Namun hal ini bisa diakali dengan downgrade paket yang telah dibeli.

Setiap asuransi kesehatan pasti memiliki paket yang dapat dipilih. Paket terendah dari Maestro Optima Care memiliki manfaat 10M dengan wilayah pertanggungan seluruh Indonesia dengan jaminan kamar 2 bed per ruangan, sehingga nasabah tidak perlu khawatir bila terjadi inflasi biaya rumah sakit di masa mendatang.

Maestro Optima Care juga tidak memiliki inner limit. Inner limit merupakan batasan yang biasanya tercantum dalam asuransi kesehatan, seperti:

  1. maksimal jumlah hari dalam menjalani rawat inap sekian hari
  2. maksimal obat yang ditanggung ialah sekian rupiah
  3. maksimal harga kamar yang ditanggung ialah sekian rupiah

Maestro Optima Care tidak memiliki batasan itu.

Maestro Optima Care bersahabat dengan Pre Existing Condition. Pre Existing Condition merupakan gejala, sakit penyakit, diagnosa (kecuali penyakit katastropik seperti kanker, jantung, TBC, dll) yang sudah terdeteksi sebelum nasabah membeli Polis Maestro Optima Care.

Bersahabat disini berarti Maestro Optima Care akan menjamin seluruh Pre Existing Condition yang telah dinyatakan sembuh dan Nasabah tidak sedang dalam menjalani pengobatan, medikasi, konsultasi, dan lain sebagainya dalam waktu 3 tahun setelah membeli Polis.

Sebagaimana asuransi kesehatan pada umumnya, ia takkan menjamin seseorang yang sudah tidak sehat aka telah mengidap penyakit katastropik tersebut. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membeli asuransi kesehatan sedini mungkin.

Ada beberapa kriteria asuransi kesehatan mendapatkan predikat terbaik. Di Indonesia setiap tahunnya Majalah Investor memberikan apresiasi kepada penyedia asuransi dengan kriteria antara lain pertumbuhan aset, jumlah investasi, ekuitas, premi neto, hasil underwriting, laba bersih, ROA, ROI, dan sebagainya.

Selain itu mereka juga melakukan penilaian terhadap:

  • Laporan keuangan yang sudah diaudit
  • Laporan keuangan tidak mendapat opini disclaimer
  • RBC 120 persen
  • Masih beroperasi saat dilakukan penilaian
  • Tidak berstatus pembatasan kegiatan usaha (PKU) dari Otoritas Jasa Keuangan
  • Tidak dalam kondisi tertentu (run off, masa transisi, dll)
  • Memiliki ekuitas Rp 100 miliar
  • Memiliki aset asuransi umum di atas Rp 100 miliar
  • Memiliki aset asuransi jiwa di atas Rp 1 triliun
  • Tidak menderita rugi
  • Memiliki data yang lengkap

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.