Apakah asuransi unitlink dapat menguntungkan penggunanya?

Saya pakai contoh analogi saja ya, nanti simpulkan sendiri saja.

Anda tahu asuransi mobil? Setahun bayar premi 4 juta, nanti kalau mobil lecet, penyok, bahkan hilang, nanti dapat penggantian ya.

Tapi kalau dalam setahun itu anda tidak klaim sama sekali, ya sudah premi nya hangus ya. Anggap amal saja.

Tapi kalau dalam setahun itu anda nyetir nabrak orang mulu, penyok mulu, setahun 10x klaim body repair. Untung ya buat anda?

Pertanyaan saya “kira-kira tahun depan ketika anda mau perpanjang asuransinya dengan rekor anda 10x klaim, menurut anda masih diterima ga oleh mereka?”

Atau saya balik aja deh, anda punya perusahaan asuransi, mau terima calon nasabah yang sehat atau yang sering sakit-sakitan?

Kalau asuransi anda tiap tahun harus perpanjangan, maka biaya tiap tahun akan meningkat seiring umur. Makin tua ya makin mahal. Atau kalau anda sudah sering sakit-sakitan masuk RS, ya bisa saja tahun depan mau perpanjang sudah ditolak.

Kalau di unit link, premi nya FLAT. Anda umur 30 tahun bayar 1 juta / bulan, ketika anda umur 60 tahun ya tetap bayarnya 1 juta / bulan. Tidak bertambah mahal.

Asuransi tradisional tidak mengenal istilah cuti premi, tidak peduli anda sedang kena PHK, bangkrut, ditipu orang, pokoknya kalau anda tidak bayar premi ya sudah asuransi anda hangus. Tidak peduli anda sudah jadi nasabah setia di perusahaan itu belasan tahun sekalipun, sekali gagal bayar ya sudah hangus.

Asuransi unit link ada porsi premi yang dijadikan “lemak cadangan”. Ketika anda sedang mengalami kesulitan keuangan dan tidak Bisa bayar premi, maka lemak cadangan bisa digunakan untuk membayar premi. Sehingga proteksi anda tetap berjalan.

Asuransi unit link berlaku terus selama anda bayar premi. Sekalipun anda tiba-tiba terkena penyakit berat yang membuat perusahaan akan “tekor” membayarkan pengobatan anda terus menerus, selama anda bayar premi maka asuransi itu akan terus berjalan.

Tidak bisa si perusahaan tiba tiba berkata “wah anda sakit sakitan membuat kami rugi, kami tidak mau anda jadi nasabah kami lagi”.

Yang selama ini membuat orang jadi berpikiran negatif tentang unitink apa? Karena terbuai iming-iming agen yang nakal mengatakan investasinya akan menjadi besar bla bla bla. Lalu tiba-tiba tidak sesuai dengan kenyataan, merasa tertipu.

Asuransi itu untuk proteksi, kalau mau investasi main properti dan saham saja.

Sekian saja penjelasan saya, silakan disimpulkan sendiri. Kalau anda tertarik untuk tahu lebih jelas mengenai asuransi dan bisnis asuransi nya, bisa cari saya di instagram chris_oei.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.