Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan mental?

Hai! Terima kasih sudah bertanya. Terima kasih juga sudah peduli dengan dirimu sendiri.

“Menjaga kesehatan mental”, aku akan mengasumsikan kalau kamu tidak ada hal yang menganggu mentalmu, karena jika dirasa ada maka cobalah konsultasi online dengan psikolog kak.

Aku tidak tau pasti sih bagaimana cara menjaganya, tapi aku biasanya hanya berusaha menjauhkan diri dari hal-hal toxic. Berikut secuil saran dariku:

  1. Dosen agamaku pernah berpesan begini “Semua yang saya terima, saya tahan di depan tubuh saya tidak semua diizinkan masuk dalam tubuh saya.” Awalnya saya bingung, tapi beliau menjelaskan kalau semua yang kamu terima, semisal perkataan atau perilaku orang lain padamu kamu tidak bisa mengaturnya, namun kamu bisa menahannya untuk tidak masuk dalam pikiran dan hatimu. Menurutku itu sangat bijak, karena mengatur orang lain bukan kuasa kita hehe.
  2. Namun, selagi bisa menghindari orang-orang yang menurutmu toxic atau membuatmu merugi itu lebih baik. Ya tidak harus memutuskan hubungan, cukup jaga jarak saja. Namun bila sangat menganggu kamu punya hak untuk makin menjauh.
  3. Menghindari hal-hal yang membuatmu merasa tidak nyaman atau trigger
  4. Alihkan rasa lelahmu dengan istirahat atau menjalankan hobi. Lakukan hal yang positif.
  5. Kamu bisa deactive akun media sosial sementara apabila membuatmu merasa tidak nyaman, atau langsung menghapusnya.
  6. Temukan caramu untuk melakukan self-healing

Selebihnya kamu bisa sesuaikan ya, intinya kalau itu membuatmu tidak nyaman, sedih, marah, secara berkelanjutan lebih baik hindari ya. Habiskan waktumu dengan hal-hal yang berharga, orang-orang yang menghargaimu.

Kok ibadah gak masuk?

Ibadah adalah keharusan, dan merupakan urusan pribadi. Jadi aku menyarankan secara universal. Biarlah hubunganmu dengan Tuhan cukup kamu yang tau hihi

Ada seseorang berkata padaku, hidup harus realistis. Maka realistislah kalau kamu tidak bisa mengatur semua yang berjalan di sekitarmu, tapi kamu bisa mem-filternya sebelum kamu terima dalam tubuhmu.

Mungkin itu saja, semoga membantu, maaf apabila tidak. Salam bahagia kak!

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.